15 Bahan Alami Untuk Menghilangkan Bekas Jerawat

15 Bahan Alami Untuk Menghilangkan Bekas Jerawat

Jerawat yang telah mengempes seringkali meninggalkan bekas yang sulit dihilangkan. Tak jarang menghilangkan bekas jerawat menjadi pekerjaan rumah bagi sebagian orang. Berbagai cara ditempuh untuk menjadikan wajah kembali mulus. Dimulai dari menggunakan krim jerawat yang sampai melakukan terapi laser di salon.

Majunya perkembangan ilmu kecantikan membuat kita sangat mudah menemukan krim atau obat penghilang bekas jerawat di swalayan. Padahal kandungan bahan kimia yang ada di dalamnya tidak selamanya baik untuk tubuh. Untuk itu kamu bisa mencari alternatif dengan menggunakan bahan alami di sekitar kita sebagai alat pembersih bekas jerawat.

  1. Lemon

Lemon dapat digunakan untuk membuat kulit wajah menjadi lebih cerah. Kandungan lemon mempercepat regenerasi kulit dan mengangkat sel kulit mati. Cara membuatnya sangat mudah. Kamu hanya perlu menyiapkan lemon dan mengambil ekstrak air lemon dengan memerasnya. Oleskan pada area bekas jerawat. Diamkan 15 menit lalu bilas dengan air dingin.

  1. Kulit jeruk

Selain rasa buahnya yang segar, kulit jeruk juga dapat digunakan sebagai masker untuk noda jerawat. Gunakan masker kulit jeruk untuk membersihkan pori – pori dari kotoran yang menyumbat.

Cara penggunaan dengan menjemur kulit jeruk selama beberapa hari sampai benar – benar kering. Haluskan kulit jeruk sampai menjadi bubuk. Campurkan dengan air sampai merata. Aplikasikan pada bekas jerawat dan diamkan selama beberapa menit. Terakhir bilas dengan air hangat.

  1. Madu

Madu berfungsi untuk menghaluskan kulit dan mengurangi kemerahan pada kulit yang radang karena jerawat. Selain itu madu juga bisa digunakan untuk menghilangkan noda jerawat.

Kamu hanya memerlukan beberapa tetes madu untuk dioleskan di area bekas jerawat. Diamkan selama 15 menit, setelah mengering bilas dengan air dingin. Gunakan masker madu secara rutin 3 kali seminggu.

  1. Es batu

Es batu sangat mudah ditemukan dan dibuat sendiri di rumah. Es batu juga dapat digunakan untuk menghilangkan noda yang ditinggalkan jerawat. Kamu hanya perlu melapisi es batu dengan lap bersih lalu tempelkan di atas bekas jerawat. Aplikasikan beberapa kali di area bekas jerawat. Gunakan secara rutin 3 kali sehari.

Selain menggunakan air mineral, kamu juga bisa menggunakan teh hijau sebagai variasi. Teh hijau berfungsi mengurangi radang pada kulit.

  1. Cuka Sari Apel

Cuka sari apel memiliki khasiat mengurangi peradangan dan kulit kemerahan akibat jerawat. Selain itu formulanya mampu menghilangkan bekas jerawat yang tersisa.

Untuk penggunaannya kamu bisa mencampur 5 ml cuka sari apel dengan 95 ml air. Oleskan di area bekas jerawat. Biarkan 10 – 20 menit dan bilas dengan air hangat. Jika mau kamu bisa mengoleskannya sebelum tidur dan biarkan semalaman.

  1. Lidah Buaya

Lidah buaya memiliki kandungan yang sangat baik bagi kecantikan kulit. Aloesin adalah zat yang terkandung di dalamnya yang menghalangi pembentukan melanin, salah satu faktor penyebab kulit menjadi gelap. Selain itu lidah buaya bisa mempercepat regenerasi kulit dan menghilangkan noda jerawat.

Untuk penggunannya bagi lidah buaya menjadi 2 dan kupas bagian atas kulitnya untuk diambil gelnya. Haluskan gel dengan garpu atau blender. Oleskan gel secara langsung di noda jerawat dan diamkan 15 menit. Kemudian bilas dengan air hangat.

  1. Bawang Putih

Kandungan senyawa allicin pada bawang putih bertindak sebagai antiseptik pembasmi bakteri jerawat dan thiacremonon sulfur untuk mengeringkan dan menghilangkan noda jerawat.

Cara penggunaannya dengan menghaluskan bawang putih dan mengoleskannya pada bekas jerawat. Diamkan beberapa menit dan bilas dengan air hangat. Kamu juga bisa mencampur dengan cuka sari apel untuk menambah khasiatnya.

  1. Pepaya

Pepaya adalah jenis buah yang dengan mudah kita temui di pasaran. Pepaya mengandung antioksidan dan vitamin untuk menghilangkan noda jerawat. Selain itu enzim papain pada pepaya berguna untuk mengangkat sel kulit mati.

Untuk penggunaannya kamu hanya memerlukan pepaya yang sudah dihaluskan. Oleskan pepaya secara merata di wajah. Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air.

  1. Scrub Gula

Gula murni adalah bahan alami lainnya yang bisa digunakan untuk mengikis noda bekas jerawat. Sebagai variasi kamu bisa mencampur gula dengan minyak zaitun. Untuk membuatnya campurkan 1 sdm gula dengan 1 sdt minyak zaitun. Oleskan pada wajah dan pijat perlahan 5 – 10 menit. Lalu bilas dengan air hangat.

  1. Masker Alpukat dan Madu

Alpukat dan madu adalah kombinasi yang bagus untuk menyamarkan noda jerawat. Zat di dalam alpukat mampu melindungi kulit dari cahaya matahari yang bisa membuat kulit kusam. Madu bertindak sebagai antiseptik melawan bakteri jerawat.

Cara membuatnya dengan menghaluskan buah alpukat di dalam wadah. Campurkan dengan madu secukupnya. Oleskan di wajah secara merata dan diamkan 15 menit. Bilas dengan air hangat.

  1. Baking Soda

Baking soda adalah exfoliator yang mampu mengikis sel kulit mati sekaligus menyamarkan noda bekas jerawat. Untuk membuatnya campurkan 1 sdt baking soda dengan 2 sdt air. Oleskan ke bekas jerawat dan diamkan selama 2 menit. Bilas dengan air hangat.

Hati –hati baking soda tidak cocok untuk kulit sensitif. Kamu bisa mengujinya dengan mengoleskan sedikit baking soda di tengkuk. Jika terasa panas terbakar tandanya kulitmu tidak cocok dengan baking soda.

  1. Ketimun

Ketimun mengandung astringent untuk mencegah jerawat meninggalkan bekas di kulit wajah. Selain itu kandungan antioksidan dan vitamin E bisa mencegah radikal bebas yang merusak tubuh.

Potong ketimun tipis – tipis dan letakkan di wajah. Diamkan beberapa menit sampai ketimun mengering. Lalu bilas dengan air hangat. Kamu juga bisa membuat variasi dengan menghaluskan ketimun dan mencampurnya dengan madu. Hasilnya wajahmu akan lebih cerah dan bebas dari noda jerawat.

  1. Putih Telur

Walaupun berbau amis, putih telur memiliki segudang manfaat untuk kecantikan wajah. Asam amino dan protein dalam putih telur bisa menghilangkan bekas jerawat dan mengencangkan kulit.

Untuk membuatnya pisahkan dengan kuning telur. Kocok putih telur sampai mengembang lalu oleskan secukupnya pada bekas jerawat. Anda juga bisa menjadikannya sebagai masker wajah. Diamkan selama beberapa menit hingga mengering lalu bilas dengan air hangat.

  1. Pasta Gigi

Kandungan flouride, hidrogen peroksida, dan triclosan dapat mengeringkan jerawat dan menghilangkan bekasnya. Selain itu pasta gigi juga mencegah iritasi kulit dan menyembuhkan peradangan akibat jerawat.

Cara menggunakannya dengan mengoleskan pasta gigi hanya di bagian bekas jerawat. Kamu bisa memakainya semalaman atau kurang lebih 2 jam. Setelah pemakaian bilas dengan air bersih. Untuk kulit sensitif dianjurkan tidak menggunakan pasta gigi untuk menghilangkan bekas jerawat. Walaupun hasilnya sangat cepat, tapi bisa merusak kulit sensitif.

  1. Minyak Pohon Teh

Minyak pohon teh diklaim memiliki khasiat yang sama dengan benzoyl peroxide. Selain itu zat terpenoid di dalamnya bisa memerangi bakteri penyebab jerawat. Untuk penggunaan campurkan 5 ml minyak pohon teh dengan 95 ml air. Oleskan pada area bekas jerawat.

Untuk mengetahui kecocokan minyak pohon teh dengan kulit, kamu bisa mencoba mengoleskan sedikit minyak di tangan. Jika terasa kemerahan dan gatal tidak disarankan untuk penggunaan yang lebih lanjut.

Untuk mendapatkan hasil yang optimal kamu juga harus menjaga kebersihan dan merawat kulit wajah dengan baik. Perhatikan tips – tips di bawah ini ya

  1. Rajin Berolahraga

Olahraga seperti joging atau berjalan kaki adalah contoh olahraga ringan yang bisa dipraktekkan dengan mudah dan murah. Olahraga dapat melancarkan peredaran oksigen ke seluruh tubuh dan membuat kulit tetap segar dan sehat.

  1. Jangan Terlalu Sering Begadang

Istirahat yang cukup sangat diperlukan tubuh untuk kembali segar beraktivitas di pagi hari. Jangan terlalu sering begadang dan sediakan waktu 7 – 8 jam untuk tidur di malam hari. Jam tidur yang berubah – ubah memperlambat proses regenerasi kulit dan mengacaukan sistem tubuh.

  1. Perbanyak Minum Air Puih

Air putih berperan untuk merawat kebersihan kulit. Perbanyak minum air putih minimal 8 gelas per hari untuk menyegarkan dan menyehatkan kulit. Kulit yang sehat tidak akan mudah dihinggapi jerawat yang seringkali meninggalkan bekas yang sulit hilang.

  1. Jangan Memencet Jerawat

Menyentuh atau memencet jerawat akan memperparah kondisi jerawat dan akan meninggalkan bekas di wajah. Hindari terlalu sering memegang jerawat apalagi menyentuhnya. Seringkali bakteri di tangan kamu berpindah ke wajah yang menyebabkan jerawat sulit disembuhkan.

  1. Rajinlah Membersihkan Sel Kulit Mati

Membersihkan sel kulit mati dapat dilakukan dengan masker alami buatan sendiri seperti yang dibahas sebelumnya. Pembersihan sel kulit mati akan mencerahkan wajah dan membuat kulit lebih sehat.

  1. Jangan Gunakan Air Panas untuk Mencuci Wajah

Penggunaan air panas untuk mencuci wajah dapat menyebabkan kulit kering. Pilihlah handuk atau kain lembut untuk membasuh wajah agar kulit tidak teriritasi.

  1. Hindari Berada di Paparan Sinar Matahari Terlalu Lama

Sinar UV pada matahari dapat mengakibatkan masalah kulit dan membuat kulit menjadi kusam. Selain itu sinar ultraviolet memicu terbentuknya melanin yang menimbulkan noda hitam pada bekas jerawat. Gunakan sunblock jika akan beraktivitas di luar ruangan.

Demikian ulasan mengenai cara menghilangkan bekas jerawat secara alami. Untuk hasil yang diinginkan gunakan masker secara rutin dan jangan lupa aplikasikan tips kecantikan diatas untuk mendapatkan wajah cerah bebas jerawat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *